Kamis, 21 Juli 2016

Mari Mencermati Energi Wanita Saat Masa Subur

Apa yang dimaksud masa subur?
Masa subur adalah saat perempuan “bertelur”.Ah... kok tidak enak didengar ya hihiii. Oke ..ini penjelasan yang lebih keren,ilmiah :
Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi dimana perempuan melepaskan sel telur yang matang (siap dibuahi). Masa ini disebut juga ovulasi atau masa sekresi.
Cara menghitung masa subur tergantung siklus haid-ada siklus panjang dan pendek. Sekarang ada aplikasi untuk mengetahui masa subur,silakan download.
Adapun ciri-ciri penting pada saat menjelang atau sedang masa subur sbb:

1.Terjadi peningkatan temperatur tubuh, Anda tidak sakit dan sedang beristirahat tetapi BBT (body basal temperature ) Anda meningkat. Jangan khawatir, ini gejala yang alamiah.

2. Payudara melunak karena tubuh mempersiapkan untuk membuat ASI .

3.Cairan pada serviks (mulut rahim) berwarna lebih jernih, cair dan kenyal seperti putih telur. Kondisi seperti ini mempermudah sperma berenang menuju indung telur.

4.Posisi serviks berubah, yaitu lebih tinggi.

5.Kembung, karena di masa ovulasi tubuh menyimpan air (retensi air). Jangan khawatir bila rok atau celana sista kesempitan. Itu bukan karena peningkatan berat badan.

6.Nyeri di bawah perut (kram), kadang mengeluarkan flek darah tetapi tidak semua perempuan mengalami hal ini. Bila sista mengalami rasa sakit tersebut tak perlu khawatir, nanti akan hilang dengan sendirinya. Bersyukurlah, justru sista mudah megenali masa subur.

7.Sangat “bergairah”, karena hormon lutein meninggi dan hal ini bisa terjadi beberapa hari sebelum masa subur (ovulasi)

8.Peningkatan fungsi indera dan lebih berenergi.

Lalu apa hubungannya dengan semangat? Nah coba cermati ciri nomor 7 dan 8. Ciri tersebut seolah tidak bisa dipisahkan, saling berkaitan, saling mempengaruhi. Sebenarnya hal itu tidak berkaitan dengan  urusan sex saja. Tetapi energi wanita di masa subur sangat luar biasa. Kebalikan dengan masa menjelang menstruasi-bad mood, dalam masa subur wanita biasanya lebih banyak mengalami good mood. Setidaknya itulah  jawaban yang saya dapat dari beberapa wanita yang saya tanya (bahasa kerennya saya wawancarai hihii) dan pengalaman saya sendiri.

Bisa dimengerti, ketika kepekaan indera meningkat tentunya kita mampu “menangkap” lebih banyak hal. Lebih-lebih dibarengi lonjakan energi. Kondisi ini yang memungkinkan wanita mendapat banyak ide, inspirasi dan gagasan. Ini adalah hal penting yang perlu diketahui dan di fahami oleh pasangan (pria). Jadi, jangan heran bila tiba-tiba istri Anda lebih mesra (pada suami masing-masing ya hihii...), atau memakai baju yang rada “jreng”, atau sangat bersemangat. Misalnya menulis, menata rumah, memasak, mencetuskan ide-ide kreatif dll. Satu hal lagi, wanita semakin cantik dan menarik di masa subur karena level hormon progesteron yang menurun dan hormon esterogen yang meningkat.

So sekali lagi bagi para suami, fasilitasi istri Anda, jangan berangus energinya apalagi hanya sekedar menikmati lonjakan “gairah” istri ( Hihii.. maaf ya para suami). Jangan lupa, arahkan atau ingatkan dengan baik bila sudah ada tanda-tanda “over" semangat atau bahkan bisa terjadi over acting hihi.

Betapa maha pengasih dan penyayangnya Tuhan menciptakan fenomena-fenomena indah semacam ini. Tetapi sayang hal tersebut sering tidak di cermati dan di fahami para wanita sendiri maupun pasangannya. Padahal banyak energi positif yang tersimpan pada masa subur.

*Diolah dari berbagai sumber pengamatan ,pengalaman pribadi dan wawancara

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senyum Sang Guru

Sejak saat itu, ambisinya untuk membuat karya indah kian meruang. Namun, seolah sang ide bergegas pergi, mood meleleh.   Tumpukan buku, ...